Bagaimana pendapat anda mengenai SMA Tamansiswa Surabaya ?

Minggu, 10 Agustus 2008

Berita Ketamansiswaan

Sambutan Ki Tyasno Sudarto PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh Jend. Ki Tyasno Sudarto

ImageAssalamualaikum Wr.Wb
Salam dan bahagia

Puji syukur kami haturkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa dengan terlaksananya pembuatan website Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa ”tamansiswa.org” sebagai wadah komunikasi keluarga besar Tamansiswa intern maupun ekstern. Teknologi Informasi telah berkembang sangat pesat dan merupakan kebutuhan vital bagi komunikasi untuk segala keperluan social maupun komersial, politis ataupun non politis. Wesite ini juga dimaksudkan untuk lebih meningkatkan syiar Tamansiswa di kalangan masyarakat luas. Ki Hadjar Dewantara menggariskan bahwa Tamansiswa harus dapat tumbuh mengikuti perkembangan jaman, untuk itu Tamansiswa boleh merubah bentuk, isi dan iramanya seiring perubahan jaman. Namun SIFAT Tamansiswa tidak boleh berubah yaitu sebagai Badan Perjuangan Kebudayaan dan Pembangunan Masyarakat melalui jalur pendidikan dalam arti luas.

Pada era pertumbuhan awal Tamansiswa merealisasikan konsep Tri Pusat Pendidikan secara manual dan verbal. Pendidikan dalam lingkungan keluarga (kasih sayang), lingkungan sekolah (keilmuan) dan lingkungan masyarakat (interaksi sosial) akan memperkaya jiwa sang anak sehingga pertumbuhan otak kanan dan otak kiri sang anak akan berimbang. Website tamansiwa.org dimaksudkan agar Tamansiswa dapat mengikuti perubahan dan kemajuan jaman sehingga mampu bersaing di era global, antara lain dengan realisasi pendidikan bangsa melalui teknologi informasi.
Tamansiswa mengundang para stake holders yang peduli Tamansiswa guna memberikan sumbangan moral dan material untuk membantu tumbuh kembangnya Tamansiswa. Seiring pekembangan teknologi informasi, pelaksanaan konsep Tri Pusat Pendidikan di Indonesia dapat difasilitasi dalam website. Lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat dapat berkomunikasi dan berinteraksi dalam tamansiswa.org, baik menyangkut persoalan individual, kelompok, perguruan/sekolah bahkan membahas perkembangan pendidikan nasional dan persoalan bangsa yang lebih luas. Mahasiswa, siswa/pelajar dapat menyampaikan sumbangan pemikiran dan mengambil sari ilmu dari teknologi informasi ini. Bagai pisua bermata dua, teknologi informasi tentu ada segi positif dan negatifnya, pemaong/guru harus dapat tut wuri handayi mengarahkan kepada jalur yang diridhoi Tuhan.
Website ini sengaja di release tanggal 8 Januari 2007 karena merupakan peringatan hari kelahiran Pangeran Diponegoro, dan semoga kita dapat meneruskan api semangat perjuangan kebangsaan beliau. Demikian pula Ki Hadjar Dewantara sengaja menamakan sarasehan Rebo Wagen dengan hari ”pasaran” lahirnya Pangeran Diponegoro, walau pertemuan dilaksanakan di luar hari Rebo Wage.
Akhirnya kami harapkan sumbang saran dari para stake holders Tamansiswa bagi kemaslahatan website ini.

Wassalamualaikum. Wr. Wb
Salam dan bahagia.

Yogyakarta, 8 Januari 2007
Ketua Umum

Jend. Ki Tyasno Sudarto

Tidak ada komentar: